DR King, Contoh Kepimpinan yang Melayani

Saya tersentuh oleh artikel Huffington Post yang tak henti-hentinya ini dari Mr. James Perry, yang pernah menjadi kandidat walikota dan Direktur Eksekutif Pusat Aksi Perumahan New Orleans Fair:


“Salah satu pelajaran terpenting yang pernah saya pelajari dari Dr. King adalah contoh kepemimpinan pelayan. Seorang pemimpin pelayan adalah orang yang menawarkan penglihatan inklusif, mendengarkan dengan saksama orang lain, membujuk melalui akal, dan menyembuhkan perpecahan saat membangun komunitas.
Sangat mudah untuk melihat pemimpin pelayan. Di ruangan tempat orang lain berebut perhatian, mereka yang mendengarkan orang lain mungkin menganggapnya tidak penting. Saat menghadapi masalah, mereka mencari solusi yang menguntungkan setiap orang. Bila ada yang tidak beres, mereka menyalahkannya. Ketika semuanya berjalan dengan baik, mereka berbagi kredit. Mereka menceritakan kisah yang sama kepada semua orang, meski tidak merepotkan atau sulit. Mereka tahu bahwa mereka tidak memiliki semua jawaban, jadi mereka meminta saran dari orang lain. Mereka bekerja keras dan mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang sama.
Martin Luther King, Jr. adalah contoh seorang pemimpin pelayan. Hidupnya menunjukkan kekuatan kepemimpinan pelayan yang luar biasa untuk mentransformasi sebuah bangsa secara radikal. Komunitas kita dan negara kita membutuhkan kepemimpinan pelayan lebih dari sebelumnya. Memperdalam kesengsaraan ekonomi mengancam impian Amerika bagi terlalu banyak orang yang bekerja. Pembagian rasial sangat memalukan dalam terlalu banyak aspek kehidupan ekonomi dan sosial kita. Keputusasaan politik memukuli optimisme Amerika yang unik yang telah membuat kita menjadi bangsa yang hebat.
Ada beberapa pemimpin pelayan yang berharga di lingkungan politik kita saat ini. Banyak pejabat terpilih lebih tertarik pada kekuatan pribadi, warisan individu, dan keuntungan finansial daripada dalam pengorbanan dan komitmen yang dibutuhkan oleh pemimpin pelayan. ”
@JamesHPerry
Kata-kata yang kuat
Sebagai pendidik, kita mendapat kehormatan untuk mengajar generasi penerus pemimpin pelayan. Adalah tugas, tugas, dan hak istimewa kita untuk menanamkan di dalamnya semangat untuk mempengaruhi perubahan dan empati untuk berpikir di luar diri mereka sendiri. Menginspirasi mereka untuk tidak memikirkan “aku” tapi “kita”.

Saya sangat percaya bahwa kita juga harus menjadi model untuk nilai-nilai dan praktik ini untuk siswa kita. Sehingga anak-anak dapat melihat bahwa kita, sebagai guru, administrator, dan semua staf, mengikuti nilai-nilai ini dan memberi diri kita untuk kemajuan orang lain dan dunia. Bertanggung jawab atas tindakan dan kesalahan kita sendiri. Kita manusia Kami tersandung, kita gagal, kita membuat kesalahan dan kita jatuh di wajah kita. Tunjukkan pada anak-anak bahwa kita mengangkat diri,

mengakui kegagalan kami, meminta maaf, dan melanjutkan. Bagaimana kita bisa meminta mereka untuk bertanggung jawab dan bertanggung jawab jika kita tidak melakukannya juga? Saya mengenal seorang guru sekali (sekarang, untungnya pensiun) yang mengatakan bahwa dia TIDAK akan pernah meminta maaf kepada anak kecil atau kelas bahkan jika dia salah karena dia akan kehilangan “kekuatan”. Saya sangat tidak setuju! Saya pikir kita dipandang lebih kuat saat kita berkata, “Wow, saya salah tentang itu, saya sangat menyesal!” Atau coba yang klasik “Anda benar dan salah” [Anda juga bisa menambahkan serangan jantung pura-pura] kepada anak kecil atau kelas. Tapi apakah kita selalu ingat atau menempuh jalan yang tinggi? Nggak.
Tidak apa-apa membuat kesalahan!
Saya melakukannya setiap saat!

Inti masalah. Pagi ini, saya adalah seorang blockhead dan mengacaukan bagian dari program #MHTVNews harian kami dengan lupa mengantri dan menunjukkan video inspiratif (disematkan di atas) bahwa Kepala Sekolah kita Wilson berbagi dengan kami hari Minggu lalu untuk acara hari Jumat hari ini. Setelah pertunjukan, saat dia bertanya kepada saya mengapa tidak ditunjukkan, saya menariknya kosong selama beberapa detik, maka saya benar-benar melemparkan Pak Dunbar ke bawah bus (karena ini acaranya hari ini dan dia juga lupa!) Saya malu! Apakah itu hanya usia tua? GAH! Bagaimana, atau kita, lupakan itu !? (Lihat bagaimana manusia mencoba membuat dalih dan mendorong kesalahannya?)

Tapi Pak Wilson, sangat baik dan pengertian, dan mengatakan bahwa kami dapat menunjukkannya pada hari Selasa. Wah! Maaf Pak Wilson! Maaf Pak Dunbar! Ini pada saya! Itu kesalahan saya! Lihat? Bahkan ketika kita tahu itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, atau dilupakan, bertanggung jawab atas sebuah kesalahan adalah hal yang sulit. Terutama dengan atasan (atau orang tua!) Ini adalah perjuangan seumur hidup untuk menjadi orang baik dan melakukan hal yang benar! Tapi itu sangat berharga! Mari kita berbagi dengan kiddos kami dan mengakui kekurangan sesekali (atau, dalam kasus saya, setiap hari) dan terus berlanjut, pelajaran yang dipelajari. Lagi.

 

 

Model Charity dan Good Works

Siswa kami juga harus melihat kami sebagai orang amal dengan komunitas kami, membantu orang lain, memberi waktu, tenaga, atau dana untuk mendukung mereka yang membutuhkannya. Tidak dalam cara yang mencolok atau “lihat saya”, tapi hanya untuk membantu menyelesaikan sesuatu karena itu adalah hal yang benar dan bagus untuk dilakukan.

Selama bertahun-tahun saya telah melihat siswa kami mengumpulkan dana untuk korban Badai Katrina, bantuan Haiti, dan tahunan untuk intervensi krisis di komunitas kami dengan mendukung Grassroots of Howard County. Saya sangat bangga dengan kiddos kami, kami telah melakukannya dengan baik … tapi kami selalu bisa berbuat lebih baik!

Leave a comment